dampak yang ditimbulkan tikus

Tikus merupakan binatang pengerat yang bisa hidup dimana saja baik di hutan, di desa ataupun kota besar. Kemampuan adaptasi tikus yang bagus dan kemampuan reproduksi yang tinggi membuat populasi jumlah tikus meningkat pesat dengan waktu singkat. Tikus merupakan binatang mamalia yang melahirkan dan menyusui anak – anaknya. Gigi tikus secara terus menerus tumbuh sehingga harus di kikir dengan cara menggerogoti sesuatu.

Berikut beberapa efek negative yang dapat ditimbulkan oleh tikus terhadap manusia.
1. Menimbulkan Kerusakan
Tikus merupakan hewan pengerat, maka tikus akan menggigit barang yang ada dirumah serta sering kali membuat lubang untuk jalan keluar dan masuk tikus. Selain merusak perabotan di dalam rumah, tikus pun merusak tanaman – tanama yang ditanam.
2. Mengotori Rumah
Tikus sering kali buang air kecil dan buang air besar sembarangan di dalam maupun di luar rumah yang dapat menimbulkan bau yang tidak sedap dan pemandangan yang tidak enak.
3. Makan Minum dan Mengacak-Acak Makanan Minuman Manusia
Memiliki makanan dan minuman yang tidak ditutup rapat, tikus akan masuk dan ikut memakan makanan kita. Dengan begitu kita tidak jadi memakan makanan yang telah dimakan oleh tikus dan di acak – acak oleh tikus.
4. Menimbulkan Penyakit.
Tikus dapat menjadi media penyebaran penyakit berbahaya seperti leptospirosis dan pes. Bila mendengar penyakit tersebut, ingin rasanya untuk membasmi tikus – tikus nakal yang ada di sekitar rumah untuk terhindar dari resiko penyakit tersebut.
5. Menimbulkan Polusi.
Tikus ketika berbicara dengan temannya membunyikan suara cit-cit-cit dan sering kali menimbulkan suara gaduh yang sangat mengganggu ketenangan terutama ketika malam hari ketika kita telah tertidur. Tikus ketika mati akan menjadi bangkai dengan bau yang sangat luar biasa dan dapat menyebabkan polusi untuk rumah kita.

Komentar