keunikan tikus


Tikus adalah binatang yang sangat tidak disukai oleh manusia, karena tikus lebih banyak menyusahkan bagi manusia. Selain mnyusahkan, ternyata tikus juga telah memberikan kerugian yang cukup besar bagi perekonomian manusia

Keunikan Tikus
1. Tikus beranakpinak sangat cepat dan dalam waktu 18 bulan, dua tikus dapat memiliki lebih dari 1 juta keturunan.
2. Tikus bercinta hanya bertahan selama 5 detik
3. Tikus bisa jatuh setinggi 12 kaki tanpa cedera.
4. Tikus bisa melompat sehingga 12 inci.
5. Gigi tikus adalah seperti mata pisau karena ia bisa mengunyah semua benda yang konkrit dan juga besi.
6. Tikus dan jerapah bisa bertahan hidup lebih lama tanpa air dari pada unta.

Tikus merupakan binatang yang dibenci dibelahan bumi, kecuali di India. Di India tikus dianggap sebagai keturunan dewa, tidak boleh dibunuh, bahkan kalau perlu diberi makan dan dibiarkan berkembang biak. 
Tikus mempunyai penglihatan yang lemah namun mempunyai penciuman dan pendengaran yang tajam. Tikus tidak menyukai area terbuka dan lebih menyukai area yang dapat bersentuhan langsung dengan tubuhnya. Tikus berkeliaran tidak jauh dari sarangnya, paling jauh hanya sampai 45 meter. Mereka akan menghindari objek yang baru dan akan menghindarinya untuk beberapa hari. Biasanya mereka butuh 5 hari untuk adaptasi.
Tikus termasuk hewan omnivora. Mereka lebih menyukai padi-padian, tapi mereka juga akan makan apapun, terutama pada saat tidak ada makanan, termasuk bangkai dan sabun. Tikus akan makan tiap hari. Tikus besar umumnya minum tiap hari, sedangkan tikus kecil dapat bertahan beberapa hari tanpaminum. 

Komentar